Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

bisnis atau usaha sampingan anak kuliah

bisnis atau usaha sampingan anak kuliah

saha sampingan anak kuliah
usaha sampingan anak kuliah


Pengen rasanya saat kuliah juga punya penghasilan sendiri,Jika demikian anda tepat membuka blog kami.Anak kuliah mau kerja full time juga susah yang ada berhenti nanti.

Tenang kami akan memberi contoh pekerjaan dan bisnis atau usaha yang dapat anda lakukan,Dengan syarat tidak mengganggu anda belajar.Selain berpenghasilan ini juga dapat menghemat uang  dari orang tua ,jika kalian punya masalah dalam menghemat uang buka disini:tips menghemat uang.

Berikut ini beberapa jenis usaha anak kuliah yang dapat anda coba,ada banyak kok supaya bisa menjadi referensi anda semua.Semoga bermanfaat.

1.Youtuber

Bisnis anak kuliah


Pertama Bisnis sampingan untuk anak kuliah bisa mencoba untuk menjadi YouTuber.

Usaha yang satu ini masih ngetren dan berpeluang besar.Video yang dibuat bisa berisi kegiatan saat kuliah,atau rutinitas asehabis kuliah,enak duka saat kuliah banyak kok asal percaya diri didepan kamera.

Untuk pemula bisa menggunakan modal handphone sendiri tidak harus bisa editing yang ribet yang penting mau belajar . Saat ini bermain  game juga bisa dijadikan konten untuk channel Youtube.

 Video yang unik dan menarik akan mendatangkan banyak penonton . 

Ketika saluran YouTube layak untuk dimonetisasi, itu bisa menghasilkan uang. Ini bisa dilakukan oleh orang biasa atau yang masih pelajar.

Menjadi youtuber yang bisa mendapatkan penghasilan memang tidak mudah, namun bisa dilakukan dengan terus belajar dan mencoba jangan lupa istiqomah ya. 

Video unik dan menarik bisa jadi kunci sukses menjadi youtuber.Siswa juga dapat memanfaatkan hobi yang mereka sukai untuk konten video.

Hal yang perlu disiapkan menjadi youtuber:

  • Pahami kebijakan youtube dab google 
  • Memiliki akun gmail untuk mendaftar youtube
  • Buat video sebanyak banyaknya
  • Bownload aplikasi edit video dan 
  • Jangan lupa download youtube studio untuk melihat data dan upload video

Kesalahan youtuber pemula

Biasanya mereka tidak konsisten mengupload video,sebelum anda siap siapkan minimal video yang yang sudah diedit dan dikompres terlebih dahulu,upload satu hari satu bukan semua video setelah itu buat video setiap hari pada fase awal.

Ini cocok untuk usaha anak kuliah dan jangan terburu mendaftar google adsance tunggu pengunjung naik agar lebih cepat diterima.

2.Layanan desain grafis

bisnis atau usaha sampingan anak kuliah


Kalian yang hobi desain grafi bisa mencoba untuk penambah pundi-pundi penghasilan sampingan.Tapi harus memiliki modal lumayan yaitu laptop yang mumpuni ram yang besar dan lain sebagainya.

Bagi anda yang memiliki keterampilan desain grafis yang mumpuni, menyediakan layanan desain merupakan sumber pendapatan yang memungkinkan.

Anda juga dapat menjualnya di instagram untuk tutorialnya yang saya rekomendasikan buka di

 " Chanel Youtube Rio puba " 

beliau praktisi jasa desain grafis yang sudah sukses.Selain mengerjakan desain, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan menjalin hubungan pihak ketiga.

Anda bekerjasama dengan pemilik jasa sablon.Untuk menarik calon pelanggan, Dengan menawarkan desain unik dan imut atau sesuai pesanan pelanggan,

Di era modern akun media sosial Anda dapat menjadi iklan gratisan.Jangan lupa untuk menawarkan harga yang kompetitif namun dengan harga yang terjangkau.

3.Layanan terjemahan dokumen

Cara yang cukup aman untuk menerjemahkan dokumen dengan harga terjangkau adalah dengan memberikan dokumen tersebut kepada mahasiswa yang sudah terbiasa melakukan jenis tugas ini.

 Kesempatan seperti itu sering kali digunakan sebagai upaya bagi orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa Asing.

Jika Anda seorang mahasiswa yang bisa berbicara bahasa asing, sangat menyenangkan menggunakan keahlian Anda untuk usaha sampingan. 

Anda tidak hanya akan dibayar, tetapi Anda juga akan belajar menggunakan bahasa asing yang Anda kuasai.

Atau, jika ingin membayar lebih, Anda dapat bergabung dengan forum penerjemah resmi dan mengikuti tes profisiensi untuk mendapatkan sertifikat penerjemah.

Situs website yang saya rekomendasikan:

Seribulancer dan freelancer tidak hanya penerjemah ada banyak jenis jasa bermodal laptop.

4.Jual beli barang bekas

Meskipun barang sekend terdengar murahan dan tidak bermutu,jangan salah banyak juga orang menjual barang sekend bahkan dijadikan pekerjaan tetap.

Selama barang yang Anda coba tawarkan masih bagus dan tidak terlalu mahal,masih mudah untuk menjualnya.

Apalahi kalian anak kuliah ini sangat cocok untuk bisnis sampingan,Kenapa demikian ?

Karena kebutuhan anak kuliah terbilang cukup tinggi seperti menjaga penampilan anda dapat menjual pakaian hingga aksesoris ataupu hp dan laptop bekas hingga.

Jika dulu konsep menjual barang hanya bisa dilakukan secara offline, kini dapat dilakukan secara online.

Bermodal gaget anda sudah dapat berjualan barang bekas lewat akun media sosial ataupun website penyedia layanan penjual barang bekas

5.Pemrogram website dan blogger 

Dunia digital sudah berkembang pesat,yang menyebabkan jasa programmer menjadi sangat penting. 

Keberadaan situs yang mendukung bisnis online sudah tidak asing,serta memelihara situs tersebut membutuhkan keahlian programmer yang terpercaya.

Bagi Anda sebagai ahli pemrograman seperti ini, tidak ada salahnya memberikan layanan Anda kepada perusahaan atau pribadi website. 

Anda dapat beriklan di berbagai platform pencarian kerja atau menawarkannya satu per satu kepada pemilik perusahaan besar.

6.Menjadi blogger 

Menjadi blogger seperti kami, selain programmer juga bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. 

Kalaupun kehadiran video blogger dan blogger mulai marak, blogger tidak ketinggalan sebab masih banyak orang yang mencari infirmasi dan tutorial lewat blog.

 Anda dapat memilih berbagai tema tulisan yang sesuai dengan kepribadian Anda.Saran kami jika dikerjakan secara pribadi riset dahulu pilih satu tema yang anda minati.

Tema blogger yang harus dipikir ulang(dihindari):

contohnya medis

Jika anda mengabil mata kuliah perawat atau kedokteran ini tidak jadi malalah,tetapi jika anda mengambil contohnya iptek saya sarankan jangan.

Sebab google sangat memperhatikan informasi yang sangat terpercaya dari penulis artikel.

Menjadi blogger sangat tidak instan anda harus sabar dan tekun dalam menulis artikel yang berkualitas.Ejakan katapun harus penting agar enak dibaca.

7.Bimbingan belajar (bimbel) mandiri

Bimbel sedikit berbeda dengan Les.Bimbel biasanya mengarah pada individu atau kelompok kecil, sedangkan les privat untuk kelompok besar.Selain itu, instruksinya lebih sistematis.

Anda dapat menawarkan jasa ini kepada tetangga kos-kosan lingkungan tempat anda tinggal atau mencari lewat media sosial "lowongan Bimbel".

Tantangan dalam menjalankan bisnis sampingan mahasiswa ini ada pada manajemen waktu. Anda harus dapat mempersiapkan materi pembelajaran dan membagi waktu dengan kuliah .

8.Layanan input dan cetak

Sebagai seorang mahasiswa, tugas menulis adalah hal yang biasa. Biasanya, setiap instruktur membutuhkan pengetikan yang benar, menyusun,mengoreksi dan mengumpulkannya dalam sebuah tabel.

 Ini jelas, tetapi jasa input atau cetak bisa sangat sulit, terutama jika Anda tidak memiliki komputer dan printer.

Tentu, biasanya Anda memiliki pilihan untuk mengunjungi persewaan mesin ketik dan printer yang berkembang pesat di sekitar kampus, namun karena waktu yang padat, banyak orang yang ragu untuk melakukannya. 

Peluang usaha ini tidak disarankan bagi anda yanng memiliki rutinitas yang padat.

Sebab membutuhkan Komputer dan printer, dan niat yang kuat untuk menjadi modal awal. Anda harus bisa membagi waktu antara tugas Anda sendiri dan mengetik untuk orang lain.

9.Usaha Les privat

Mendirikan usaha jasa les privat,untuk usaha ini masih memiliki peluang yang cukup tinggi dan minim resiko. Biasanya siswa membuka les privat untuk anak sekolah. 

Mata pelajaran seperti matematika, fisika dan bahasa Inggris seringkali menjadi mata pelajaran yang disukai.

Pengetahuan non-mata pelajaran.Sepeti bidang music dan tutor blog  Biasanya memliki tarif untuk anak usia umum bahkan lebih mahal dari pada anak usia sekolah.

Anda dapat mengajak teman anda untuk menjalankan usaha ini dengan teman atau bermitra dengan orang lain.Jika ingin memliki jangkauan yang lebih besar anda perlu modal untuk sewa tempat.

Modal yang Anda butuhkan tentu saja keahlian,partner,karyawan dan uang untuk sewa tempat. 

Ini karena biasanya murid datang ke kediaman guru untuk mengikuti les privat. Namun, ada juga yang sebaliknya, meski tidak banyak.

 9.Toko online

Menjual secara online bukanlah hal baru. Cara berjualan dengan mengandalkan internet ini sudah aktif apalagi masa sekarang. 

Meski sudah cukup lama, tampaknya permintaan akan penjualan online terus meningkat.

Menjual secara online tidak hanya sangat fleksibel dalam waktu, tetapi juga menghemat banyak uang. Yang harus dipersiapkan adalah kuota internet dan  ponsel yang mumpuni. 

Beberapa contoh barang yang bisa dijual di toko online seperti makanan, pakaian, dan produk kecantikan.

Anda dapat mengandalkan grup di WhatsApp, Telegram,dan instagram.Jika kesusahan mencari produk ada dapat menjadi reseller atau dropshiper barang seperti di platfom toko online,mudah kok tinggal cari aja infonya.

10,Penjualan makanan ringan

Meski hanya bisnis kecil-kecilan, menjual cemilan semacam ini bisa sangat menguntungkan. 

Anda dapat dengan mudah membuat camilan sendiri, seperti roti panggang atau keripik.

Jajanan ini bisa kamu bawa ke kampus dan dijual saat istirahat.Pemesanan bisa dilakukan sehari sebelumnya. Ini untuk memudahkan pembuatan produk dan juga proses pengiriman.

Tantangan usaha ini

Tantangan bagi usaha ini hanya soal gengsi. Banyak orang yang malu menjalankan bisnis ini karena hanya mengumpulkan uang receh. 

Jika dipraktekkan,usaha jenis ini bisa mendapatkan penghasilan dan putaran modal yang cepat.

Jika anda dapat mengembangkannya saat lulus bisa jadi menjadi usaha pokok anda tanpa harus bekerja,sebab sudah anda rintis jauh-jauh hari.

11Jual Foto dan Video 

Sekarang produk membutuhkan foto atau video untuk menarik para pelanggan,

bahkan kami seorang penulis blog juga membutuhkannya,padahal kami seorang penulis artikel

Anda tidak perlu membuka studio untuk bisa membuka layanan foto dan video. Cukup sediakan kamera dan ketrampilan dalam mengeditnya saja sudah cukup. Jika ingin membuat video, bisa menggunakan camcorder.

Atau bisa juga menggunakan hp. Tentunya dengan kualitas foto dan video yang bagus.

Kemudian buka layanan foto dan video atau menjualnya seperti di:

website tempat menjual photo dan video:

  • 1.Fotolia.com. 
  • 2.Shutterstock.com.
  • 3.Dreamstime.com. 
  • 4.iStockphoto.com. 
  • 5.FreeDigitalPhotos.net.
  • 6.Bigstockphoto.com. 
  • 7.DemandMedia.com. 
  • 8.Redbubble.com. .

12.Menjual pakaian,

Trending fashion bisa jadi sangat penting bagi mahasiswa terutama bagi perempuan yang berganti pakaian setiap hari untuk berangkat ke kampus. 

Kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan membuka toko yang menjual pakaiana atau menjadi usaha sampingan pribadi. Toko yang didirikan sebenarnya bisa online atau offline sesuai dengan modal yang dimilikinya.

Jenis pakaiannya sendiri bisa dipilih sesuai dengan trend dan target pasar yang cocok untuk anak kulaih.

jenis pakaian yang bisa dijadikan sebagai produk penjualan ada banyak yang jelas besar minatnya, mulai dari baju import, baju muslim,krudung, dan lain-lain. Selain baju baru, baju bekas yang masih bagus dan layak pakai saat ini banyak diminati oleh masyarakat.

Anda juga dapat menjual produk lain yang memiliki peluang,bagi anda anak kuliah tidak menjadi alasan untuk tidak usaha ini bahkan bisa menjadi peluang usaha yang dapat anda tekuni selepas lulus kuliah.

3 comments for "bisnis atau usaha sampingan anak kuliah"