Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

pentingnya gaya hidup sehat agar tidak mudah sakit

pentingnya gaya hidup sehat agar tidak mudah sakit merupakan hal yang kita inginkan


pentingnya gaya hidup sehat agar tidak mudah sakit


Feryandriki zaman yang semakin kedepan apalagi dibidang tehnologi yang semakin maju.Hal ini membuat banyak orang mudah mendapatkan suatu dengan cepat dan instan.Tidak seperti orang dahulu yang lebih sabar menjalani hidup.Ini menjadi faktor pendorong semakin banyak produk yang instan seperti snack,bumbu saji dan mie instan

Ada juga yang ingin kurus dengan instan,adapun sebagian rela sedot lemak padahal itu berbahaya bagi kesehatan tubuh karena tidak alami dan memiliki efek samping.Karena hal itu pentingnya gaya hidup sehat.

Karena mudahnya seseorang melakukan suatu hal membuat kurang waspada pada kesehatan mereka sendiri terutama gaya hidup yang kurang sehat.Yang berakibat deadly bagi tubuh di masa tua bahkan efeknya sampai anak keturunan mereka. 

Selain makanan yang tidak sehat dapat mempengaruhi tubuh untuk lebih jelasnya. 

pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita dari usia dini agar kelak tidak sakit-sakitan seperti merawat gigi anda.sebelum itu apa sih arti makna sehat dan faktor pendukungnnya simak dibawah ini. 

Arti sehat adalah ? 

Menurut WHO adalah "Kesehatan adalah keadaan kesejahteraan fisik, mental dan sosial yang lengkap dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan ". Sehat adalah kondisi typical seseorang yang merupakan hak hidupnya. 

Kesehatan berkaitan dengan hukum alam yang mengatur tubuh, jiwa dan lingkungan berupa udara segar dan cahayamatahari, bersantai, kebersihan serta pikiran, kebiasaan dan gaya hidupmana yang baik atau bisa dikatakan sehat berarti memperbaiki keadaanmanusia, baik fisik, profound atau intelektual, sosial dan bukan semata memberantas penyakit. 

Kesehatan menurut islam

Majelis Ulama Indonesia (MUI), dalam Musyawarah Nasional Ulama tahun 1983 merumuskan kesehatan sebagai "kesehatan jasmaniah, rohaniah, dan sosial yang dimiliki manusia sebagai karunia Allah yang wajib disyukuri dengan mengamalkan (tuntunan-Nya), dan memelihara serta mengembangkannya. 

Gaya hidup sehat juga merupakan kunci kesehatan islam (muslim) jika anda sakit akan susah untuk beraktifitas dan beribadah.

Agar kita menjadi sehat dibutuhkan gaya hidup yang sehat dan didukung pola hihup yang sehat kedua hal ini hampir sama,tetapi ada sedikit perbedaan menurut beberapa ahli yaitu: 

Pengertian gaya hidup sehat 

Gaya hidup sehat adalah suatu pilihan sederhana yang sangat tepat untuk dijalankan. Hidup dengan pola makan, pikiran, kebiasaan dan lingkungan yang sehat. Sehat dalam arti customized structure mendasar adalah segala hal yang kita kerjakan memberikan hasil yang baik bagi tubuh. 

Pengertian pola hidup sehat 

Menurut soekidjo pola hidup sehat adalah pola hidup adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Pengertian hidup sehat menurut Hanlon yaitu sehat itu mencakup keadaan pada diri seseorang secara menyeluruh tetapi mempunyai kemampuan melakukan fisiologis maupun psikologis penuh. 


Sedangkan menurut Kotler, pola hidup sehat yaitu gambaran dari aktivitas/kegiatan yang di dukung oleh minat, keinginan dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan linkungan. Tentunya terhadap hal-hal baik. 

Secara singkat hampir sama hanya berbeda tentang penjelasan,hal tersebut sangat wajar karena manusia memiliki pendapat masing-masing. 

Kesadaran seseorang rela melakukan gaya hidup sehat diantara: 

1.Kesadaran akan kesehatan 

Salah satu faktor pemicu seseorang ingin menjalani gaya hidup sehat adalah kesadaran akan pentingnya kesehatan.Yang disebabkan entah dari sendiri atau ada orang yang dekat yang sedang mengalami sakit. Sehingga Anda termotivasi untuk menerapkan pola hidup sehat. 

2.Didikan orang tua atau master 

Seperti yang dilakukan dr.Zaidul Akbar beliau tidak hanya melakukan pola hidup sehat untuk dirinya sendiri.Tapi juga jalan dakwah beliau terkhusus mencoh pola hidup Rosul AKhir jaman Muhammad SAw. 

yang tidak hanya untuk jamaah beliau tapi juga didikan untuk anak-anak beliau seperti mengurangi cemilan tidak sehat dirumah.Diganti pebanyak buah-buahan di kulkas belau.Lebih jelasnya anda dapat meniyamak di youtube. 

3.Mencegah sebelum mengobati 

Hal ini dapat disebkan karena pernah mengalami sakit yang tidak kunjung sembuh.yang membutuhkan waktu yang cukup lama agar piluh sedia kala.Oleh karena itu mulai menerapkan pola hidup sehat. 

4.Menghilangkan kebiasaan buruk 

Ketika seeorang mulai sadar akan suatu kebiasaan buruk entah makanan,minuman yang dikonsumsi.Atau gaya hidup yang tidak sehat kemungkinan meraka akan berusaha merubah hal tersebut walaupun berat dilakukan. 

5.menatap masa depan 

Seseorang yang ingin hidup kelak mereka saat sudah tua masih sehat dan bugar serta tidak menyusahkan anak cucu mereka.Faktor terbesar adalah agar dapat menikmati masa tua mereka dengan nyaman dan tenang dengan mulai sekarang berusaha menerapkan pola hidup sehat. 

Pengaruh pola hidup sehat terhadap kesehatan 

Pola hidup sehat merupakan suatu keagiatan yang dilakukan secara terus menerus dan teratur, sehingga menjadi kebiasaan dalam gaya hidup dengan memperhatikan hal-hal yang memengaruhi kesehatan tubuh, baik dari konsumsi makanan dan minuman, olahraga, dan juga istirahat yang cukup. Pelaku pola hidup sehat akan selalu berusaha untuk setiap aktifitas dalam kehidupannya untuk selalu teratur dan seimbang dalam menjaga kesehatan tubuhnya. 

Manfaat menerapkan pola hidup sehat 

1.Lebih bahagia 

Seseorang yang dapat melawan hawa nafunya seperti menawan makanan yang tidak sehat dan berlebihan tentu akan meresakan kebahagiaan dalam hidup. 

2.Sehat 

Jika seseorang benar-benar menerakan pola hidup sehat yang dilakukan secara terus menerus tentu tubuh mereka akan lebih sehat dari pada dahulu. 

3.Timbul rasa syukur 

Jika anda merasa sehat dan bahagi tentunya anda akan merasa ada ketenangan di hati yang menimbulkan rasa skukur kepada Tuhan atas nikmat sehat. 

4.Menjadi lebih rajin dan disiplin 

Seseorang yang dengan sungguh-sungguh menerapkan pola hidup sehat tentu akan menjadi orang yang rajin menjaga makanan.Yang tentunya berdampak positif dalam kerja atau lingkungan karena anda memiliki poin in addition to yaitu rajin dan disiplin menjalankan suatu tugas. 

5.Lebih produktif 

Orang yang sehat baik jasmani maupun rohani akan lebih mudah melakukan suatu hal(pekerjaan) baik, pekerjaan yang bersifata tenaga atau pikiran yang merupakan salah satu manfaat penerapan pola. hidup yang sehat. 

6.Lebih nyenyak tidur 

sekian dali kami kesimpulan yang dapat kami ambil sehat terganttung keputusan anda dalam memilih gaya hidup yang lebih baik dari sebelumnya.Karena kesehatan adalah investasi masa depan yang tidak ada ruginya.Sebab dengan menjaga kesehatan anda bukan termasuk orang yang menzholimi sendiri. 

Sangat ppenting dalam hidup ini dapat menerapkan gaya hidup yang sehat, agar kita dapat menikmati waktu di dunia ini dengan nyaman dan tenang.


Post a Comment for "pentingnya gaya hidup sehat agar tidak mudah sakit"