Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara hidup ikhlas dalam menjalani kehidupan

 

cara hidup ikhlas

Feryandriki:Kehidupan manusia selalu memiliki hambatan dan ujian. Kehidupan di dunia ini harus diperlakukan dengan bijak. Bencana dan kesulitan harus dihadapkan dengan itikad baik. Kejujuran berarti melepaskan segala sesuatu yang menenangkan Anda. Membawa masalah ini bisa membuat kita kesal. Karena ketika manusia mengalami bencana,rasa ihlas dan kejujuran akan selalu diajarkan.

Belajar kejujuran itu tidak mudah. Bahkan orang yang sabar dapat kehilangan kendali. Apakah Anda menyakitinya di masa lalu karena kecelakaan? Dibutuhkan tingkat integritas yang tinggi untuk melupakan masa lalu yang menyakitkan dan buruk. 

Tanpa ketulusan. Pikiran manusia dapat dipenuhi dengan kecemburuan (rasa iri), kebencian, dan bahkan balas dendam. Kejujuran juga merupakan salah satu cara untuk menenangkan pikiran dan pikiran ketika masalah muncul. Kita semua memiliki masalah. Baik itu masalah keluarga, pekerjaan, atau masalah kita sendiri.

Sedangkan apa arti ikhlas ?

Dari segi  bahasa, kata ikhlas berasal dari akar kata kh-l-sh yang artinya suci, tidak bercampur dengan yang lain.Berasal dari bahsa arab Laban Khaalish berarti susu murni yang tidak bercampur dengan apapun. Tidak bercampur dengan air, tidak bercampur dengan gula, juga tidak bercampur dengan bahan lain. Jadi tulus berarti memurnikan sesuatu. Dalam konteks kajian tauhid dan akhlak, tentu yang dimaksud adalah mensucikan pengabdian dan ketaatan hanya kepada Allah Swt saja.

Perintah ketulusan dalam Al-Qur'an

"Dan (saya telah dipesan):" Pastikan wajah Anda beragama dengan tulus dan tulus dan bukan milik Manrikers "(QSYunus: 105)

"Jadi Tuhan memberi mereka hadiah untuk kata-kata yang mereka katakan, (yaitu) surga mengalir sungai di dalamnya, mereka abadi di dalamnya. Dan itulah balasan orang-orang yang melakukan kebaikan (yang merupakan imanku) .qs Al Maidah : 85)

"Tidak ada dosa (karena itu tidak berjalan jihad) untuk orang-orang lemah, orang-orang yang sakit dan atas mereka yang tidak mendapatkan apa yang akan mereka bagi, jika mereka tulus kepada Tuhan dan utusan-Nya. Tidak ada cara untuk menyalahkan Orang-orang yang berbuat baik. Dan Allah adalah penebangan lagi yang paling murah hati, "(QS pada lompatan: 91)

Karakteristik orang yang tidak ikhlas

Banyak orang di dunia ini tidak memiliki integritas. Itu juga terlihat pada kegiatan orang-orang yang tidak memiliki keaslian. Semuanya diukur dengan material dan popularitas.

Karakteristik orang yang tidak tulus adalah sebagai berikut:

Arogansi

Kebanyakan orang yang tidak ikhlas merasa bangga. Dia sendiri merasa dia adalah yang terbaik. Perilaku ini mendorongnya untuk membesar-besarkan dirinya di depan orang lain. Menjadi arogan dapat disamakan dengan bahaya menjadi salah.

Saya suka pamer

Karakteristik orang-orang yang enggan adalah mereka suka memamerkan kekayaan dan semua tindakannya. Jika orang itu baik-baik saja. Dia selalu ingin dilihat. Jika wanita itu membantu membantu. Misalnya untuk anak yatim. Dia selalu memberi tahu orang lain apa yang dia lakukan. Ini adalah karakteristik wanita palsu yang harus Anda ketahui.

Bukan Istiqomah.

Semua yang dia lakukan untuk berbuat baik tidak dilakukan terus menerus (Istiqomah). Jika dia tidak dihormati karena berbuat baik. Saya sendiri meninggalkan aksinya dan tidak pernah melakukannya lagi. Karena dia tidak dihargai olehnya. Tidak mudah bagi kita untuk mengetahui cara menginap di Allah.

Cara membuat hati yang tulus.

Setelah mengetahui karakteristik orang yang tidak memiliki kepribadian yang tulus. Kita perlu belajar dengan jujur. Karena dengan itikad baik kita dapat menemukan kedamaian dalam jiwa kita. Semuanya akan mudah bagi kami. Terutama untuk menenangkan pikiran dalam berurusan dengan segalanya.

Kejujuran adalah tingkat sempurna manusia. Setiap kejujuran memiliki batasnya sendiri. Begitu juga dengan kesabaran tanpa batas. Tapi jujur ​​berarti mencintai Tuhan.

Berikut adalah cara yang dapat diterapkan untuk membuat hati kita tulus:

Berdoalah banyak

Jika kita tidak bisa menangani masalah itu lagi, kita mendapatkannya. Kami tidak dapat lagi mencari bantuan dari siapa pun. Sudah waktunya untuk meminta bantuan dari Pencipta. Sebarkan doa kita kepada Tuhan. Tuangkan semua kecemasan yang Anda dapatkan.

Pendidikan agama dalam keluarga, sekolah dan komunitas selalu mengajar kami untuk berdoa setiap kali kami menghadapi masalah. Anda dapat berdoa sesuai dengan keyakinan Anda masing-masing. 

Post a Comment for "cara hidup ikhlas dalam menjalani kehidupan"