Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips menghemat uang Untuk Anak Kos Berdompet Tipis

Masih pertengahan bulan,Tapi rasanya KOK seperti tanggal tua.Bikin dada sesak padahal sehat jasmani Apa anda pernah merasakan hal tersebut jika betul,kalian pasti anak kos.

Gak Makan Tapi Bukan Puasa...!!!

Tips Hemat Untuk Anak Kos Berdompet Tipis
Tips Hemat Untuk Anak Kos Berdompet Tipis

Anda pernah merasakan seperti ini?

Jika sering anda adalah anak kos yang sebenarnya, kenapa demikin karena anak kos sering mengeluh dengan uang terlebih lagi kita sebagi mahasiswa, mungkin ada tugas mendadak yang perlu mengeluarkan uang untuk menyelesaikannya.

Memang anak kos sering berhayal jika ada uang aku berjanji akan hemat, akan tetapi itu hanyalan hayalan setetelah belanja bulanan di kirim orang tua kita seirng berpoya-poya duduk di Kafee, makan di warung, belanja ke indomaret, jalan-jalan, nonton, malam mingguan, itulah realitanya anak kos pada awal bulan.

Ketika tanggal sudah mulai naik ke belasan maka dompet dan isi rekenig mulai menipis dan biasanya anak kos sering ngumpulinn uang koin untuk bertahan dalam satu hari, dengan uang koin anak kos bisa membeli mie instan dan membaginya menjadi tiga ronde, pagi, saing dan malam.

Dan disini saya akan membagi tips dan trik Hemat Untuk Anak Kos.

1. Catat Uang Belanja Bulanan

Untuk menghindari kerisis ekonomi pada tanggal tua anak kos wajib mencatat belanja bulanan yang dikirm oleh orang tua dan mengkokulasikannya, lalu membeli barang-barang yang perlu di stok untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari peralatan dapur minyak, beras, cabai, tomat, bawang, telor dan liannya.Setelah itu lanjut ke kebutuhan mandi dan kebutuhan kampus serta transportasi.

2. Targetkan Jajan Harian

Untuk hemat anda harus menargetkan uang jajan seharinya karena dengan menargetkan uang jajan anda bisa tau dan bisa memprediksi sampai akhir bulan. dan dengan menargetkan anda juga akan lebih berhati-hati dalam membali barang yang tentunya kurang dibutuhkan.

3. Kurangi Makan Di Warung

Makan diwarung akan sangat menguras isi dompet anak kos, karen dengan makan diwarung uang yang dikeluarkan lebih banyak daripada kita masak sendiri, JJika makan di warung kita pasti membali air, Kan tidak mungkin anda makan tanpa air.? 

4. Tidak Merokok

Jika anak kos ingin sejahtera jauh dari kata tanggal tua maka saran saya jangan merokok karena rokok tidak baik untuk kesahatan dan juga sangat banyak menguras uang, pada dasarnya rokok itu mengakibatkan ketergantungan dan kecanduan oleh pemakainya, jadi jika anda ingin menghemat maka tinggalkanlah rokok agar anda sejahtera setiap harinya.Ini pasti susah bagi para Rokoker.!!!

5. Kos Dekat Dengan Kampus Atau Tempat Kerja

Mencari kos yang dekat kampus adalah sangat diidam-idamkan oleh anak kos karena dapat mengurangi waktu perjalanan dan menguruangi ongkos/ bensin.Dalam menempunh perjalanan dan ini sangat direkomendasikan untuk anak kos agar bisa berhemat.

6. Utamakan Kebutuhan Daripada Keinginan

Jika anda ingin berhemat maka anda harus menahan diri dari keinginan atau ego(gensi,gaya) yang tinggi untuk memiliki sesutau yang sangat tidak di butuhkan. karena pada dasarnya anak millenial sekarang sangat suka degan fassion keluaran terbaru. untuk anda ank kos harus menahan diri terlebih dahulu agar tujuan berhematnya berjalan dengan mulus dan melewati hari- hari tanpa ada kata tanggal tua.

Solusi lainnya ?

Kerja partime

Kenapa kerja partime ? ya iyalah tugas utama adalah kuliah,walaupun ada pr atau tugas dan sebagainya,kalian dapat bekerja partime seperti di kafee,jika kalian benar-benar serius masih ada banyak lowongan.Cari tempat yang dekat dengan kos-kosan kalian agar tidak terlau capek.

Contoh kerja partime:

1.Blogger

menjadi blogger


Jika anda punya waktu luang,Ada baiknya anda menjadi blogger tapi,harap diingat pekerjaan seorang penulis itu tidak instan jika anda mulai dari nol 0 dalam satu bulan belum dapat menghasilkan uang.Anda dapat mencobanya dengan menggunakan platfom gratisan aja dulu,seperti:

  1. WordPress.com
  2.  Medium.com
  3.  Penzu.com
  4. Webs.com
  5. Weebly.com
  6. Wix.com
  7. Blogger.com
  8. Postach.io
  9.  Pen.io
  10.  Tumblr.com
  11. Livejournal.com
  12.  Ghost.org
2.Youtuber

Menjadi youtuber terbilang lebih mugah dari pada menjadi blogger,Asalkan anda yakin dan percaya diri anda sudah bisa menjadi youtuber.

3.Jasa pengetikan
 
Yang satu ini harus punya modal yaitu laptop,sebab jasa pengetikan yang saya maksud harus menggunakan word atau excel.Platfom ataupun web yang terkenal di:

  • frelanser.com
  • seribulancer.com
  • ruang muda.com
Apalagi kalian yang memiliki kemampuan bahasa asing ini sangat membantu jangankan menghemat uang.Bahkan anda ini bisa menjadi pekerjaan tetap selama kuliah.

4.Dagang/usaha

Ingin menghemat uang kok dagang,yang ada tombok nanti tenang kalian bisa berdagang tanpa bermodal uang tapi kuota dan hp.Contohnya kalian menjualkan produk orang lain dapat komisi.Walaupun kecil tapi jika anda yakin pasti bisa,Sangat mudah sekarang mencarinya tinggal buka syekh google nanti juga ketemu.Tapi harus hati-hati banyak penipuan online.Bahkan di shoopee atau toko onlinenya juga ada oknum yang nakal.

Sebernannya masih banyak yang dapat anda lakukan demi menghemat uang asalkan ada kemuan dan coba mengintropeksi diri mana yang lebih penting antara kebutuhan dan keinginan.

Semoga tips berhemat ini bisa dipraktekkan dan bisa bemafaat bagi kalian yang lagi kesusahan untuk berhemat, terutama untuk anak kos yang lagi berjuang membahagiakan orang tua dan berjuang untuk bangsa dan negara.

Atau anda dapat melihat tips menghemat uang lainnya di bawah ini:



Post a Comment for "Tips menghemat uang Untuk Anak Kos Berdompet Tipis"